RANI MAGDALENA (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOLL SPEAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201839PGMI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201839PGMI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201839PGMI.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201839PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201839PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201839PGMI.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201839PGMI.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201839PGMI.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201839PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10.BAB V_201839PGMI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR PUSTAKA_201839PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode Doll Speak di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam belajar, diantaranya, kurang memperhatikan terhadap materi yang di sampaikan oleh guru, kurang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, siswa bermain-main saat guru menerangkan materi pelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Doll Speak dan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode pembelajaran Doll Speak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan rata-rata persentase 41,67%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 60,32%. Pada siklus II meningkat menjadi 80,16%. Dengan demikian metode Doll Speak dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Doll Speak, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 07:42 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12208 |
Actions (login required)
View Item |