Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOLL SPEAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU

RANI MAGDALENA (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOLL SPEAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201839PGMI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201839PGMI.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201839PGMI.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201839PGMI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201839PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201839PGMI.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201839PGMI.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201839PGMI.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201839PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10.BAB V_201839PGMI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA_201839PGMI.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode Doll Speak di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam belajar, diantaranya, kurang memperhatikan terhadap materi yang di sampaikan oleh guru, kurang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, siswa bermain-main saat guru menerangkan materi pelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Doll Speak dan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode pembelajaran Doll Speak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan rata-rata persentase 41,67%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 60,32%. Pada siklus II meningkat menjadi 80,16%. Dengan demikian metode Doll Speak dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Doll Speak, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:42
Last Modified: 20 Mar 2019 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12208

Actions (login required)

View Item View Item