PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU

YESI KARIMAH, (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media komik matematika yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah menggunakan media komik matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-6 dan objek penelitian ini adalah media komik matematika. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, media komik matematika dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 87,60%. Berdasarkan uji praktikalitas, media komik matematika dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan kelompok kecil 87,22% dan kelompok besar 93,14% . Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematika, media komik matematika sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematika dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 78,12,% dinyatakan kategori sedang. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa media komik matematika yang dikembangkan valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi siswa. Kata Kunci: Media Komik Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:04
Last Modified: 18 Mar 2019 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item View Item