MAIRISHA ULFHANNY (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa yang masih rendah dan belum adanya model pembelajaran yang dapat menangani permasalahan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menjadikan siswa lebih mudah membahasakan masalah matematika kedalam bahasa yang dapat mereka pahami. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemampuan awal pada siswa SMP di Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling . Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Mann Whitney (UTest) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi siswa. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa. Secara umum, model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa SMP di Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 07:02 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 07:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12153 |
Actions (login required)
View Item |