SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM TERPADU MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI KOTA DUMAI

Afrizal, (2011) SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM TERPADU MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI KOTA DUMAI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201176.pdf

Download (920kB) | Preview

Abstract

Sistem manajemen sekolah Islam terpadu merupakan suatu prosedur yang mengatur pemanfaatan sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya pada sekolah tersebut secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, sasaran penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan manajemen, baik berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pada SDIT Jami’atul Muslimin Dumai dan di SDIT At Thooriq Muhammadiyah Dumai dalam rangka meningkatkan mutu sekolah melalui program sekolah standar nasional . Upaya untuk menjadikan sekolah Islam Terpadu menuju sekolah standar nasional ( SSN) sanga t erat kaitannya dengan komponen - komponen penting yang akan mempengaruhinya yaitu komponen input ( masukan), yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, sarana prasarana, dan pembiayaan. K omponen proses ( pelaksanaan), yang berfokus pada manajemen pengelolaan , dan pelaksanaan proses pembelajaran. Komponnen out put ( keluaran /lulusan ) yang merupakan tolak ukur input, dan proses yang ada. Ketiga komponen ini diharuskan mendapatkan perhatian yang serius dari Stakeholders - stakeholders sekolah yang t erdiri dari kepala sekolah, guru, staf pegawai, dan komite sekolah . Dijalankan dan dikelola dengan system manajemen yang baik, efektif, terarah, dan efesien, hal ini dimaksud kan agar visi, misi dan tujuan dari Sekolah Islam Terpadu tersebut dapat tercapai sesuai yang diharapkan oleh segala pihak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, warga sekolah, pemerintah daerah, atau lembaga - lembaga pendidikan lainnya dalam rangka pengembangan sekolah dan peningkatan mutu pendidikan. Pe nelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan system manajemen bak input, proses, dan out put di SDIT Jami’atul Muslimin Dumai sudah baik dan sebahagian besar telah memenuhi indik ator penting dalam rangka menuju sekolah standar nasional , akan tetapi , masih ada komponen lainn ya yang harus dipenuhi. Begitu pula pelaksanaan system manajemen di SDIT At Thooriq Muhammadiyah Dumai sudah cukup baik, sebahagian komponen - komponen penting sudah mengarah pada persyaratan sekolah standar nasional. Permasalahan - permasalahan dalam penelitian ini sangat penting untuk segera ditanggulangi, jika terus dibiarkan dikhawatir kan Sekolah Islam Terpadu yang ada di kota Dumai ini, akan ketinggalan dari sekolah - sekolah lainnya, tidak akan mendapat perhatian dihati masyarakat untuk me nye rahkan anak - anak mereka agar dididik di sekolah Islam terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Data - data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:40
Last Modified: 16 Jan 2016 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item