MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID NAHWU SISWA KELAS IIB MELALUI METODE QIYASIYAH DENGAN STRATEGI DRILL DI PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG

Reni Fitri, (2010) MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID NAHWU SISWA KELAS IIB MELALUI METODE QIYASIYAH DENGAN STRATEGI DRILL DI PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010343PBA.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam Qawa’id nahwu. perumasan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa kelas IIB dalam ilmu nahwu dapat meningkat melalui metode qiyasiyah dengan srategi drill di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang dengan jumlah siswa 40 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan siswa kelas II B dalam Qawa’id nahwu melalui metode qiyasiyah dengan strategi drill di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan may sampai dengan juni 2010. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menggangggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode qiyasiyah dengan strategi drill, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam Qawa’id nahwu pada setiap siklus baik dari siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sisklus I penguasaan ilmu nahwu siswa kelas IIB 68,13% dengan kategori “cukup” karena berada pada rentang 56-75%. Pada siklus II penguasaan Qawa’id nahwu siswa meningkat dengan persentase 73,75% dengan kategori “cukup”. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada silkus III penguasaan Qawa’id nahwu siswa mengalami peningkatan yang memuaskan dengan persentase 79,37% dengan kategori “Tinggi” karena berada dalam rentang 76-100%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pada mata pelajaran nahwu melalui metode qiyasiyah dengan strategi drill dapat dikatakan berhasil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:30
Last Modified: 20 Sep 2017 08:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item