Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU, SKRIPSI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTN SYARIF KASIM PEKANBARU DAN PEMBIMBING DR. QADAR M. YUSUF, M.AG

Fauzi Hasan (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU, SKRIPSI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTN SYARIF KASIM PEKANBARU DAN PEMBIMBING DR. QADAR M. YUSUF, M.AG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010160PBA.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Adapun tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah Agar siswa mampu membaca dan menulis, memahami qawa'id, menghafal 400 mufradat,dan mampu mendemonstrasikan materi hiwar, serta mampu memahami Al-qur'an dan Hadits dan lain sebagainya. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru ?. Serta mengetahui faktofaktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Analisi dalam penelitian ini Deskriftif Kuantitatif dengan menggunakan Observasi, Angket, Wawancara. Observasi dan Angket digunakan untuk memperoleh jawaban tentang Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru, sedangkan Wawancara digunakan untuk mengetahui tentang faktorfaktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Dari hasil Observasi dan Angket Penulis memperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Arab dalam proses belajar mengajar hasilnya “Baik”. Ini diperoleh dari hasil kesimpulan data Observasi yakni 67%, maka Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 hasilnya “Baik”. Dan dari hasil Angket diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 hasilnya yakni 94,23% . Dari hasil data Observasi dan Angket, penulis mendapat kesimpulan tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 yakni : 1. Faktor-faktor dari dalam : 1. Pengetahuan Guru 2. Kemampuan dan kemahiran Guru dalam Bahasa Arab. 3. Motivasi Guru. 4. Perhatian Guru. 2. Faktor-faktor dari luar : 1. Kegiatan belajar mengajar, diantaranya : Menyusun Silabus, Menulis rencana Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Metode yang digunakan. 2. Faktor sosial, diantaranya : Hubungan Guru dengan siswa antara guru yang satu dengan guru yang lainnya. 3. Keadaan, waktu dan tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:14
Last Modified: 20 Sep 2017 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item