PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU

Puspita Putri, (2010) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010200PAI.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas VIII di MTs Hasanah Pekanbaru dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi akademik anaknya tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua dari siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 228 orang. Mengingat populasi cukup besar maka dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel sebesar 25 % yaitu berjumlah 57 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan tehnik random sampling. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan tehnik kuesioner atau angket. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup, setiap item angket terdiri dari tiga buah alternatif jawaban, yaitu a,b dan c. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas VIII di MTs Hasanah Pekanbaru berada pada kategori cukup baik. Secara kuantitaif persentase diperoleh angka 72.81%. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas VIII di MTs Hasanah Pekanbaru, yaitu a. faktor pendidikan, sebagian besar orang tua berpendidikan SLTP sederajat. b. faktor kesibukan, sebagian besar orang tua tergolong orang tua yang sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak banyak memiliki waktu untuk ikut serta memperhatikan pendidikan anak-anaknya di rumah, dan c. faktor ekonomi, sebagian besar orang tua berada pada tingkat ekonomi lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:17
Last Modified: 31 Aug 2017 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item