DAYA IKAT AIR, KADAR AIR, pH DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM PETELUR AFKIR YANG DIRENDAM DALAM EKSTRAK KULIT NENAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA

Muhammad Zulfahmi, (2010) DAYA IKAT AIR, KADAR AIR, pH DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM PETELUR AFKIR YANG DIRENDAM DALAM EKSTRAK KULIT NENAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201013PTK.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Daging merupakan bahan pangan bernilai gizi tinggi, yang dibutuhkan oleh manusia. Namun daging memiliki beberapa kriteria agar dapat diterima konsumen. Salah satu kriteria tersebut adalah keempukan. Penambahan bahan pengempuk banyak digunakan pada daging ternak tua dan dagingnya cukup alot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya ikat air (DIA), kadar air (KA), pH, keempukan, aroma dan warna daging ayam petelur afkir dengan penambahan konsentrasi ekstrak kulit nenas (Ananas comosus L. Merr) 0 %, 15 % , 27,5 % dan 40 %. Rancangan percobaan yang digunakan adalah RAL dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman daging ayam petelur afkir dengan konsentrasi ekstrak kulit nenas 27,5 % berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap DIA, pH, keempukan dan aroma daging. Perlakuan konsentrasi 27,5 % meningkatkan keempukan dan aroma, menurunkan DIA dan pH. Namun, tidak menyebabkan peningkatan KA dan aroma. Kata kunci : DIA, KA, pH, layer afkir, ekstrak kulit nenas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:19
Last Modified: 24 Aug 2017 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item View Item