Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING WORD SPLASH STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 5 BAGAN SINEMBAH

Riani Sitorus (2013) THE EFFECT OF USING WORD SPLASH STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 5 BAGAN SINEMBAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013495PBI.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis, ditemukan bahwa, siswa belum mampu memahami sebuah bacaan dalam buku pelajaran di sekolah. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, sebagian siswa kurang memahami tentang isi dari teks bacaan dan tidak bisa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan. Jadi, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang masalah tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh penggunaan strategi Word Splash terhadap pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini diadakan di SMPN 5 Bagan Sinembah. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMPN 5 Bagan Sinembah, dan objek dari penelitian ini adalah dampak dari penggunaan strategi Word Splash. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua. Keseluruhan dari jumlah populasi adalah 75 siswa. Peneliti menggunakan Cluster sample yang hanya mengambil dua kelas sebagai sampel: kelas VIII.2 yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelompok experimen, dan kelas VIII.3 yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Jadi, jumlah sampel dari dua kelas tersebut adalah 50 siswa. Untuk data analisisnya, peneliti menggunakan formula independent-sample T-test melalui SPSS. Setelah data dianalisis, peneliti menemukan pengaruh yang signifikan dari strategi Word Splash untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa tahun kedua SMPN 5 Bagan Sinembah, dimana t o 6.211 lebih tinggi dari pada T-table baik pada 5% =2.01 maupun pada 1% = 2.68. Artinya H a diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat di ketahui bahwa strategi Word Splash adalah strategi yang efektif untuk mengajarkan skill reading, khususnya untuk siswa tahun kedua di SMPN 5 Bagan Sinembah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:17
Last Modified: 20 Dec 2016 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item