Sasmita Dasa Safitri (2013) THE EFFECT OF USING PROBLEM BASED LEARNING (PBL) METHOD TOWARD SPEAKING ABILITY OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT AL-HUDA SENIOR HIGH SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013443PBI.pdf Download (584kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan KTSP, berbicara adalah salah satu kemampuan dalam menguasai bahasa inggris yang harus di ajarkan dan dipelajari pada tingkat SMA. SMA Al-Huda Pekanbaru merupakan salah satu pengguna kurikulum tersebut sebagai dalam proses belajar mengajar. Setelah melakukan study pendahuluan di SMA Al-Huda Pekanbaru, sebagian siswa pada kelas dua masih memiliki kelemahan dalam berbicara. Peneliti menginterpretasikan bahwa mereka mempunyai kelemahan tersebut di tunjukkan kurangnya percaya diri dalam mengexpresikan ide-ide mereka dalam bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem based learning (PBL) terhadap kemampuan siswa dalam berbicara bahasa inggris kelas dua SMA Al-Huda Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi. Focus utama dalam penelitian ini adalah untuk mencari perbedaan yang signifikan pada kemampuan siswa berbicara bahasa inggris kelas dua SMA Al-Huda Pekanbaru antara siswa yang diajarkan dengan metode problem based learning (PBL) dan yang di ajarkan dengan reading method sebagai metode konvensionalnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-Huda kelas dua. Pada penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas; kelas eksperimen dan control dari 5 kelas yang terdiri dari 50 siswa sebagai sampel dari sejumlah populasi 140 secara acak berdasarkan kelas. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes. Tes yang digunakan adalah oral presentasi. Dalam penganalisisan data, peneliti menggunakan SPSS 16. Akhirnya, peneliti menemukan bahwa angka signifikan 0.000<0.5. maksudnya masih ada prosedur yang belum terlaksana secara lengkap. berdasarkan hasil signifikansi tersebut, Ha diterima dan Ho di tolak. Selain itu, dapat pula dibuktikan dari nilai mean post-test kemampun berbicara siswa pada kelas experiment adalah 60.48, sedankan nilai mean post-test pada kelas control adalah 44.72. lebih jauh lagi, rata-rata-rata peningkatan kemampuan siswa berbicara pada kelas eksperimen adalah 16.4 sedangkan pada kelas control adalah 1.28 jadi, ada perbedaan penigkatan yang signifikan kemapuan siswa dalam berbicara behasa inggris antara siswa yang di ajar dengan metode problem based learning (PBL) dan siswa yang di ajarkan secara convensional; reading method. Perbedaan pada mean tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode problem based learning lebih bagus daripada reading method.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 14 Dec 2016 09:52 |
Last Modified: | 14 Dec 2016 09:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9753 |
Actions (login required)
View Item |