Herlina Dewi Sartika (2012) UPAYA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT TELUKKUANTAN I DALAM MENGATASI KREDIT MACET DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012147EI.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Skri psi ini berjudul “UPAYA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT TELUKKUANTAN I DALAM MENGATASI KREDIT MACET DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM.” Latar belakang penulis mengambil judul ini adal ah ingin mengetahui upaya yang dilakukan Bank Rakyat Indonesia uni t tel ukkuantan I dalam mengatasi kredi t macet. Penyebab terj adinya kredi t macet dan bagai mana pandangan ekonomi Islam terhadap upaya yang dilakukan Bank Rakyat Indonesia Uni tTel ukkuantan I dal am mengatasi kredi t macet. Peneli t ian ini adalah peneli t ian l apangan yang dilakukan di Bank Rakyat Indonesia Uni tTel ukkuantan I CabangTel ukkuantan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah obserfasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sumber data yang di gunakan dalam peneli t ian ini adalah data primer yai tu data yang diperol eh langsung dari responden yai tu karyawan dan nasabah Bank Rakyat Indonesia Uni t Tel ukkuantan I, data sekunder yai tu data yang di perol eh dari buku-buku dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan peneli t ian ini. Analisa data yang di gunakan adalah deskri pt if anali t ik dan tekni k penulisan yang digunakan adalah deduktif dan induktif. Dari hasil peneli t ian yang penulis lakukan diketahui bahwa upaya yang dilakukan ol eh Bank Rakyat Indonesia Uni t Tel ukkuantan I dal am mengatasi kredi t macet adalah dengan melakukan penanganan, penyelamatan, dan penyelesaian. Penanganan dilakukan dengan melakukan penagihan langsung ketempat nasabah dan memberikan surat peringatan. Penyelamatan dilakukan dengan memperpanjangan jangka waktu kredi t(resceduling), persyaratan kembali(reconditioning), penataan kembali(restructuring), dan penyi taan barang j aminan. Penyelesaian dilakukan dengan cara damai dan melalui saluran hukum. Adapun penyebab terj dinya kredi t macet pada Bank Rakyat Indonesia Uni t Tel ukkuantan I di sebabkan oleh dua unsur yai tu dari pihak bank i tu sendi ri dan dari pihak debi tur. Dari pihak bank disebabkan ol eh suku bunga bank yang tinggai , dan salah analisa petugas bank. Dari nasabah di sebabakan oleh dua faktor yai tu faktor kesengajaan dan keti dak sengajaan. Faktor kesengajaan adanya manipulasi data sewaktu pengajuan kredi t, adanya i t ikad t i dak baik dari nasabah dan penggunaan yang t i dak sesuai dengan tuj uan. Unsur ket i dak sengajaan nasabah yai tu nasabah mengalami musibah dan usaha yang dijalankan mengalami kegagalan atau pailid. Upaya Bank Rakyat Indonesia Uni t Tel ukkuantan I dalam mengatasi kredi t macet t i dak bertentangan dengan ajaran Islam karana Bank Rakyat Indonesia Uni t Tel ukkuantan I t i dak melakukan pemaksaan dalam menagih kredi t dan member i tenggang waktu pembayaran bagi nasabah yang belum mampu membayar hutangnya. Namun dilihat dari faktor yang menjadi penyebab kredi t macet terdapat beberapa penyimpangan seperti bunga bank yang tinggi, manipulasi data dan penggunaan kredi t yang t i dak sesuai tuj uan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 06:24 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 06:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9343 |
Actions (login required)
View Item |