Dewi Romadonia (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN SISWA KELAS IV SDN 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013622PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Memperhatikan hasil refleksi awal pada Siswa Kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa pada materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Modelling The Way. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan Siswa Kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada Tahun Pelajaran 2011-2012. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian dengan melakukan tindakan pembelajaran di kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas Siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan Strategi Pembelajaran Modelling The Way. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn Siswa dilakukan tes pada bagian akhir proses pembelajaran setiap satu siklus dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan dengan nilai rata-rata mencapai 69,25 dengan ketuntasan kelas mencapai 70%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 72,75. dan ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui penerapan strategi Pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.“Diterima” artinya jika diterapkan strategi Pembelajaran Modelling The Way dalam pembelajaran PKn secara benar oleh guru Siswa yang aktif akan menjadi lebih aktif seiring dengan itu hasil belajar PKn Siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 26 Nov 2016 01:29 |
Last Modified: | 26 Nov 2016 01:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9250 |
Actions (login required)
View Item |