Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KEGIATAN ARABIC DAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS 11 SMA IT FADHILAH PEKANBARU

RISMA KHAIRANI BATUBARA, - (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN ARABIC DAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS 11 SMA IT FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI RISMA (TANPA BAB HASIL) - Risma Khairani.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI RISMA (BAB HASIL) - Risma Khairani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan - Risma Khairani.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

SMA IT Fadhilah Pekanbaru merupakan sekolah berbasis islam yang memiliki program kebahasaan yang disebut kegiatan arabic day untuk mewujudkan lingkungan berbahasa (al-bi’ah al-lughawiyah). Pembelajaran lebih menekankan penguasaan pengetahuan dasar bahasa arab kemudian menerapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan arabic day. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan arabic day merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan diluar kelas untuk membantu siswa dalam memahami dan membiasakan berbicara bahasa arab. Implementasi kegiatan arabic day diawali dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan penyusunan materi arabic day yang didasarkan pada kebutuhan siswa berupa buku muhadatsah lembaga dan buku paket. Pelaksanaan kegiatan arabic day dilaksanakan dengan konsep pembelajaran yang berbeda saat di kelas, materi pembelajaran dikemas secara sederhana, dan metode pembelajaran inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Kemudian evaluasi yang dilakukan dalam forum rapat bulanan dan pada akhir kegiatan. Faktor pendukung kegiatan arabic day antara lain suasana yang menyenangkan, materi sederhana, dan metode pembelajaran yang inovatif. Faktor penghambat kegiatan adalah tempat dan waktu pelaksanaan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPengadilan Rambe, -2007107801pengadilan.rambe@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:17
Last Modified: 08 Jul 2025 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89575

Actions (login required)

View Item View Item