Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING BAGI SISWA KELAS VII DIPONDOK PESANTREN ASSALAM NAGA BERALIH KAMPAR

RAHMADHANI, - (2025) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING BAGI SISWA KELAS VII DIPONDOK PESANTREN ASSALAM NAGA BERALIH KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
TESIS RAHMADHANI_compressed - Rahmadhani hanyy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Rahmadhani hanyy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat persetujuan publikasi rahma - Rahmadhani hanyy.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Abstrak Rahmadhani (2025) : Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning bagi siswa kelas VII dipondok pesantren assalam naga beralih kampar. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab kuning bagi siswa kelas VII dipondok pesantren assalam naga beralih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini untuk pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun latar belakang penelitian didasari dengan seiringnya perubahan zaman dan perkembangan sistem pendidikan, muncul tantangan baru dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning, terutama bagi siswa kelas VII yang baru masuk ke pondok pesantren assalam tersebut. Sebagian besar dari mereka tidak memiliki dasar yang cukup dalam bahasa Arab, baik dari segi kosa kata (vocabulary), tata bahasa (grammar), maupun pemahaman konteks kalimat. Hal ini tentu menjadi kendala serius dalam memahami isi Kitab Warisan yang cenderung menggunakan struktur kalimat yang rumit dan kosa kata sehari-hari. Ketidakmampuan membaca kitab kuning ini disebabkan oleh kemampuan membaca yang buruk dari para perawi dan syarahnya. Kitab kuning tidak hanya membutuhkan kemampuan teknis membaca, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang struktur kalimat bahasa Arab. Tanpa persyaratan ini, siswa akan mengalami kesulitan dalam menafsirkan dan memahami makna teks bacaan. Hal ini juga diperparah dengan fakta yang ada bahwa metode pengajaran Kitab kuning dipondok pesantren assalam naga beralih masih menggunakan metode tradisional seperti Bandongan dan Sorogan yang kurang memberikan ruang bagi santri pemula untuk secara aktif dan mandiri memahami isi teks. Metode ini mengharuskan santri untuk mendengarkan dan mencatat, tanpa banyak dialog atau eksplorasi mendalam tentang makna teks. Siswa yang tidak memiliki kemampuan dasar bahasa Arab menjadi pasif dan tertinggal. Kata kunci : Pelaksanaan pembelajaran,kitab kuning,pondok pesantren

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPROMADI, -2027086401promadi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRUSDI, -2006066601rusdi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:37
Last Modified: 30 Jun 2025 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88801

Actions (login required)

View Item View Item