M. Samsuri (2013) PENINGKATANHASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSISLMELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED ON INTRODUCTION MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH PADA SISWA KELAS VMADRASAH IBITIDAIYAH NEGERI PULAU KIJANGKECAMATAN RETEH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013463PGMI.pdf Download (551kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instroduction (PBI)dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MIN Pulau Kijang, Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar IPS siswa variabel X, dan penggunaan model pembelajaran Problem Based Instroduction (PBI)variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 - Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil observasi sebelum tindakan hasil belajar rata-rata 63% dengan kategori sangat rendah.Pada siklus I rata-rata 73% atau kategori sedang dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi rata-rata 94% atau kategori tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaranIlmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan Problem Based Instroduction (PBI)dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 14:18 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 14:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8848 |
Actions (login required)
View Item |