Suko Suprapti (2013) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP POHON JARINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSMATERI SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT JAYA KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013409PGMI.pdf Download (636kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Diantaranya 1) Dari 25 orang siswa hanya 48% yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa sulit menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, hal tersebut terlihat ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa, hanya sebagian siswa yang dapat menjawab dengan baik dan benar, 3) Siswa kurang memiliki keberanian dan belum terbiasa bersaing manyampaikan pendapat dengan teman yang lain. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi belajar peta konsep pohon jaringan dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Bukit Jaya Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Bukit Jaya tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, laki-laki berjumlah 15 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS pada materi sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi melalui strategi belajar peta konsep pohon jaringan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 59,6% atau 12 orang yang tuntas. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh 25 (Sempurna) dan aktivitas siswa 111 (Tinggi), dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 63,4%. Melalui perbaikan siklus II aktivitas guru meningkat dengan skor 30 (Sangat Sempurna), aktivitas siswa 145 (Sangat Tinggi) dan hasil belajar siswa mencapai 72% keadaan ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS dikatakan meningkat dengan menggunakan strategi belajar peta konsep pohon jaringan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:41 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8805 |
Actions (login required)
View Item |