Fitri Dewi Jayanti (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI AZZAHIDIN KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013890PGMI.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reseach). Berdasarkanhasil pengamatan di Madrasah Ibtidaiyah Azzahidin Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru ditemukan beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi antara lain yaitu: penggunaan metode dan media belajar yang kurang tepat dalam pembelajaran, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pelajaran, setiap guru memberikan latihan sebagian siswa banyak yang mendapatkan nilai rendah, pembelajaran terlalu monoton dan tidak menarik bagi siswa, sehingga membuat siswa menjadi jenuh, guru masih menggunakan metode ceramah saja, siswa kurang menghayati dan memaknai puisi yang di buatnya dengan baik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi/ pengamatan, 4) refleksi. Berdasarkan obsevasi langsung oleh peneliti, pada siswa kelas V MI AzzahidinKelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, rata-rata kemampuan anak dalam menulis puisi itu masih rendah. Hal itu dapat dibuktikan berdasarkan rata-rata nilai siklus satu yang hanya mencapai 60 dari Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70 dari 30 orang siswa. Yang mendapatkan nilai sesuai dengan nilai KKM hanya sebanyak 14 orang siswa, dan selebihnya hanya mendapatkan nilai 60 sampai 65. Artinya pencapaian itu tidak sampai 50% siswa memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM). Namun setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung membuktikan bahwa nilai siswa meningkat 80. Hal ini membuktikan bahwa teknik pengamatan objek secara langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:25 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8790 |
Actions (login required)
View Item |