MEYSI DARATHEA, - (2025) PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA KOTA INTAN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI MEYSI DARATHEA.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
Abstract
ABSTRAK Meysi Darathea, (2025) : Pengadaan Sarana dan Prasarana Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kota Intan Penelitian ini mengkaji tentang pengadaan sarana dan prasarana kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Swasta Kota Intan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengadaan sarana dan prasarana kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Swasta Kota Intan, dan apa saja faktor yang mempengaruhi pengadaan sarana dan prasarana kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Swasta Kota Intan. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan fasilitas kelas, seperti meja, kursi, dan alat bantu belajar, serta minimnya teknologi pendukung, seperti proyektor. Kondisi ini menghambat efektivitas pembelajaran dan inovasi metode pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, guru, dan siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan sarana dan prasarana dilakukan melalui mekanisme terstruktur yang melibatkan koordinasi antara guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pihak eksternal. Survei lapangan dilakukan untuk mengevaluasi kondisi fasilitas, diikuti dengan perencanaan prioritas pengadaan dan perbaikan. Dukungan eksternal, seperti bantuan dari Baznas Rokan Hulu, menjadi faktor pendukung utama dalam pemenuhan fasilitas dan kerjasama seluruh komponen internal sekolah. Namun, keterbatasan dana dari sumber utama seperti SPP siswa dan Bantuan Operasional Sekolah menjadi kendala yang memengaruhi pengadaan secara optimal. Upaya strategis yang dilakukan meliputi optimalisasi alokasi anggaran, peningkatan kerja sama eksternal. Dengan langkah ini, beberapa fasilitas yang rusak, seperti meja, kursi, dan pintu, telah diperbaiki atau diganti. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara pihak internal dan eksternal dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mendukung kualitas pembelajaran yang optimal. Kata Kunci: Pengadaan, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
| Depositing User: | ftk - | ||||||||
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:07 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Apr 2025 07:07 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
