Yesi Bisnarita (2012) PENERAPAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SHOLAT FARDHU KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 005 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012221.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari gejala-gejala sebagai berikut: 1. Anak kurang aktif pada mata pelajaran yang disajikan, hal ini terlihat dari kegiatan anak yang cenderung hanya diam mendengarkan guru berceramah.2. Selama proses pembelajaran berlangsung hanya sebagian kecil siswa yang mempunyai keinginan bertanya tentang materi pelajaran.3.Hanya sedikit siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. 4. Kurangnya keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, hal ini terlihat hanya sebagian kecil siswa yang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Strategi Practice- Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas III SDN 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah murid 30 orang, terdiri atas 19 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) variabel meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) variabel penerapan strategi Practice-Rehearsal Pairs. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa sebelum diadakan tindakan berada pada posisi rendah dengan nilai 49,3%. Setelah diadakan siklus I dengan 2 kali pertemuan angka tersebut berubah naik menjadi 66,6% berada pada posisi “ Cukup Tinggi”. Sedangkan pada siklus II dengan 2 kali pertemuan ternyata motivasi siswa kelas III SDN 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar timur Kabupaten Kampar ini ternyata naik lagi menjadi 76,6% bearada pada posisi “ Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8456 |
Actions (login required)
View Item |