Syarifah Rafiah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI MEDIA GAMBAR SERI YANG DIACAK PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013126PGMI.pdf Download (977kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemakaian Media Gambar Seri yang diacak untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah dengan menerapkan Media Gambar seri yang diacak dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru yang berjumlah 24 orang, sedangkan objeknya adalah kemampuan menulis karangan deskriptif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dilakukan empat kali pertemuan. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar Seri yang Diacak maka diadakan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 76.91%, kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan keberhasilan yang dicapai adalah 83.9%. pencapaian persentase ini secara klasikal diangggap “Tuntas”. Dengan demikian dapat disimpulkan melalui Media Gambar Seri Yang Diacak dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 07:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8280 |
Actions (login required)
View Item |