Dian Andriani (2012) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012512.pdf Download (519kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 282 orang. Karena jumlah populasinya lebih dari 100 orang, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dari seluruh kelas X yang ada di SMA N 2 Pekanbaru tersebut. Dari seluruh populasi yang ada penulis mengambil sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 56 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, dan variabel Y bersifat interval, maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 16.00. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa pengelolaan kelas berkategori “baik” dengan persentase 67%, dan hasil belajar siswa berkategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 80 – 100 sebanyak 31 siswa. Sedangkan efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, dengan besar pengaruh 54,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi/R Square) 0.547, dengan df = 54, lebih besar dari rt(tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.250<0.547>0.325, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 08:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8202 |
Actions (login required)
View Item |