Nelda Sari (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN CAWAN IKAN PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 025 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012637.pdf Download (526kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan Aktivitas Belajar Sains materi daur air dan peristiiwa alam Melalui Teknik Pembelajaran Cawan Ikan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 17 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran cawan ikan untuk meningkatkan aktivitas belajar Sains. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran cawan ikan pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains hanya mencapai rata-rata persentase 50,4%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 64,7% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 64,7% menjadi 76,5% atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains yang diperoleh dari sebelum tindakan ke siklus I adalah 14,3%. Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 11,8%. Jadi besar peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains dari sebelum tindakan hingga siklus II adalah 26,1%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran Cawan Ikan dapat meningkatkan aktivitas belajar Sains materi daur air dan peristiiwa alam pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 07:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8087 |
Actions (login required)
View Item |