FIKA WANDAYANI S, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STREAM) PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI FIKA WANDAYANI S.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fika Wandayani S, (2023) : Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Science, Technology, Religion,Engineering, Art, And Mathematics (STREAM) Pada Koloid Penelitian pengembangan media pembelajaran komik berbasis STREAM pada materi koloid ini telah dilaksanakan, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Design, development and Research (DDR). Hasil pengembangan divalidasi oleh dua validator ahli, satu validator praktisi dan sepuluh siswa SMA Al- Huda Pekanbaru sebagai validator uji terbatas siswa. Data kuantitatif hasil validasi kelayakan dianalisis dengan rumus persentase, sedangkan data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari validator digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi. Secara umum, penilaian validator terhadap pengembangan media pembelajaran komik berbasis STREAM diperoleh persentase rata-rata hasil validitas dari ahli materi dan ahli media adalah 88,42%, uji praktikalitas oleh guru kimia mendapatkan persentase sebesar 73,75% dan uji respon terbatas oleh peserta didik sebesar 89,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbasis STREAM sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Komik, STREAM, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 06:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75219 |
Actions (login required)
View Item |