SITI SOLIHA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KANDIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Soliha, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kandis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengetahui seberapa besar perbedaan yang signifikan pemahaman siswa antara penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dengan model pembelajaran Ekspositori (ceramah) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kandis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic memiliki kategori baik untuk diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perolehan skor 80.20% observasi kegiatan guru dan 80.35% observasi kegiatan siswa. Adanya perbedaan skor Mean di kelas eksperimen (77.33) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (70.10). Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman siswa antara penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dengan model Ekspositori (ceramah) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kandis dengan thitung > ttabel (2,091 > 1,683) sementara itu nilai sig. 2-tailed (0,043 < 0,05) dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75079 |
Actions (login required)
View Item |