Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 161 PEKANBARU

ENDANG HADIYANTI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 161 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenlitian (bab iv).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ENDANG HADIYANTI (2023) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 161 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru melalui model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelum tindakan 1 orang siswa atau 6,6% berada pada kategori pemahaman baik sekali, 1 orang siswa atau 6,6% berada pada kategori pemahaman baik, 4 orang siswa atau 26,66% berada pada kategori pemahaman cukup, 7 orang siswa atau 46,66% berada pada pemahaman kurang dan 2 orang siswa atau 13% berada pada pemahaman kurang sekali. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring. Pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa ada peningkatan, 4 orang siswa atau 26,66% berada pada kategori pemahaman baik sekali, 1 orang siswa atau 6,6% berada pada kategori baik, 2 orang siswa atau 13% berada pada kategori cukup, 6 orang siswa atau 40% berada pada kategori kurang dan 2 orang siswa atau 13% berada pada kategori kurang sekali. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, yaitu 7 orang siswa atau 46,66% berada pada kategori pemahaman baik sekali, 4 orang siswa atau 26,66% berada pada kategori pemahaman baik, 1 orang siswa atau 6,6% berada pada kategori pemahaman cukup dan 3 orang siswa atau 20% berada pada kategori kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran matematika SD Negeri 161 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:09
Last Modified: 25 Jul 2023 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74812

Actions (login required)

View Item View Item