Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI LAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU

NURUL AFNI ARNELIA, - (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL AFNI ARNELIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Afni Arnelia : Implementasi Layanan Administrasi Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru ( Skripsi, Prodi MPI, 2023) Layanan administrasi kesiswaan merupakan melayani kegiatan yang bersangkutan dengan peserta didik mulai dari masuk sekolah sampai keluar dari suatu lembaga tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan administrasi kesiswaan di MAN 3 Pekanbaru dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implemetasi layanan administrasi kesiswaan Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah WAKA Kesiswaan dan Staf TU dan informan tambahan Kepala TU dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, diperoleh temuan bahwa 1) Implementasi layanan administrasi kesiswaan di MAN 3 Pekanbaru yang diberikan mulai kegiatan yang mencakup pendataan peserta didik mulai dari masuknya siswa disekolah sampai keluarnya siswa tersebut secara umum sudah bisa dikatakan efektif dan efisien karena dilihat dari pelayanan administrasi yang sesuai dengan prosedur dan pelayanan prima yang sudah ditentukan oleh sekolah walaupun sewaktu-waktu terdapat kendala, namun dapat teratasi dan terselesaikan dengan baik. yang menjadi aspek pelayanan administrasi kesiswaan adalah a) penerimaan siswa baru.b) ketatausahaan siswa c) pencatatan bimbingan dan penyuluhan d) pencatatan prestasi belajar siswa. Dengan dilihat berdasarkan dari unsur pelayanan yaitu : a) reliability b) responsiveness c) assurance d) empaty e) tangible. 2) faktor pendukung dalam layanan administrasi kesiswaan di MAN 3 Pekanbaru adalah adanya rasa tanggung jawab staf TU terhadap tugas dan layanan, sarana prasarana yang memadai, dan adanya motivasi, evaluasi dan penghargaan bagi staf. Faktor penghambat ialah kesulitan staf untuk membagi waktu antara mengajar dengan melakukan pelayanan administrasi terhadap siswa dan kurangnya pemahaman masyarakat dalam penggunaan IT terkait dengan pelaksanaan PPDB sistem online. Kata Kunci : Layanan, Administrasi, Kesiswaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:47
Last Modified: 24 Jul 2023 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74698

Actions (login required)

View Item View Item