Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI CAHAYA

HARIANI JUITA, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI CAHAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hariani Juita (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Cahaya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di MTs Al-Mutaqqin yang masih cenderung satu arah, yaitu guru menjadi pusat kegiatan (teacher centered learning) dan metode yang digunakan masih konvensional. Hal ini berimplikasi pada proses pembelajaran yang belum mampu mengembangkan penguasaan konsep dengan baik. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melatih penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran generatif pada materi sifat-sifat cahaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control grup design pretest dan posttes. Pemilihan sampel secara ―Purposive Sampling‖. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Tediri dari soal objektif sebanyak 15 butir & soal uraian sebanyak 3 butir yang terdiri soal-soal penguasan konsep instrumen penelitian telah divalidasi oleh 2 validator. Pelaksanaan model pembelajaran generatif diamati dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran & dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data di dapatkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan H0 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran generatif menggunakan alat peraga terhadap penguasaan konsep siswa kelas VIII pada materi sifat-sifat cahaya di MTs Pekanbaru. Kata Kunci : Model pembelajaran generatif, penguasaan konsep siswa, Materi Cahaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:19
Last Modified: 24 Jul 2023 01:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74624

Actions (login required)

View Item View Item