FITRI ERMA LIYANA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOMTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X 1 AKUNTANSISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERBANKAN RIAU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Erma Liyana, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada matapelajaran Akuntansi Kelas X 1 Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Perbankan Riau Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata pelajaran Akuntansi Kelas X 1 Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Perbankan Riau Pekanbaru. Jenis penelitian ini Quasy Eksperiment Design. Populasi pada penelitian ini adalah 62 peserta didik, terdiri dari 31 peserta didik kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan berlandaskan filsafat positivisme dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil ujian tengah semester yang mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini ialah guru dan peserta didik kelas X1 dan X2 Pekanbaru, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran flipped classroom sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penerapan model flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran akuntansi kelas X 1 akuntansi SMK Perbankan Riau Pekanbaru dengan menggunakan uji hipotesi Uji-t dan Wilcoxson pada taraf signifikan terlihat dari 5% maupun 1% (0,000 < 0,05) yang berari Ha diterima dan Ho ditolak hasil uji effect size yang menunjukkan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik matapelajaran Akuntansi kelas X 1 Sekolah Menengah Kejuruaan Perbankan Riau Pekanbaru adalah sebesar 0,71 atau 71% yang tergolong sedang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 02:45 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 02:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74342 |
Actions (login required)
View Item |