Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH KOTA PEKANBARU

APRILIA WAHYUNI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI APRILIA WAHYUNI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aprilia Wahyuni, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di MI Istiqomah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran think talk write di kelas IV MI Istiqomah Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think talk write dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa, dimana siswa kurang mampu dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan dan kurang mampu dalam memberikan alasan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya sejak pra tindakan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Data pra siklus menujukkan persentase keterampilan berpikir kritis siswa hanya 47% dengan kategori cukup yang berada. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama, keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 58%, namun masih berada pada kategori cukup, dan pertemuan kedua meningkat menjadi 69% dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 81% berada pada kategori cukup, dan pada siklus II pertemuan kedua persentase keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 87% dan berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model think talk write dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV MI Istiqomah Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Think Talk Write, Keterampilan Berpikir Kritis, Muatan Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 05:12
Last Modified: 22 Jul 2023 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74311

Actions (login required)

View Item View Item