Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTS

NURJANNAH SITORUS, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Nurjannah Sitorus, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP/MTs . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Rumbio Jaya pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini yaitu design factorial experiment. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 3 Rumbio Jaya. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket motivasi belajar, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa yang menggunakan pembelajaran saintifik. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Rumbio Jaya. Kata kunci: Model Pembelajaran PBL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:37
Last Modified: 22 Jul 2023 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74308

Actions (login required)

View Item View Item