Hanreika Lindri, Hanreika (2023) REPRESENTASI NILAI MORAL DALAM “FILM SANG PEMIMPI” KARYA ANDREA HIRATA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi nilai moral dalam film sang pemimpi melalui tanda-tanda yang terkandung dalam film Sang Pemimpi menurut pendekatan semiotika Roland Barthes. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Semiotika Roland Barthes. Objek penelitian yang di pilih dalam film Sang Pemimpi. Teknik pengumpulan yang digunakan dokumentasi dan observasi pengamatan Nilai Moral yang terkandung dalam film Sang Pemimpi berdasarkan landasan teori yang ada. Analisis data menggunakan metode Analisi Semiotika Roland Barthes yang terdiri atas penanda, petanda, makna denotatif, makna konotatif, dan mitos yang ditarik berdasarkan teori dari adegan yang di analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa jenis nilai moral yang tergambar dalam film Sang Pemimpi yaitu adanya bentuk-bentuk nilai moral, moral yang dapat kita ambil diantaranya adalah keberanian untuk tidak pernah berhenti untuk bermimpi, kemandirian memiliki pendirian dalam bertindak, bertanggung jawab apa yang telah kita lakukan, menjadi diri sendiri tanpa mengikuti orang lain, kerendahan hati untuk menolong seseorang, kritis dalam berpikir sebelum bertindak, kejujuran yang harus ditanamkan pada diri sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Semiotika, Nilai Moral, Film Sang Pemimpi. |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 03:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 03:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74264 |
Actions (login required)
View Item |