Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP/MTs

FITRIYATUL ‘AFWA, - (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriyatul ‘Afwa, (2023): Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang belajar menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design sebagai jenis penelitian. Desain yang digunakan adalah non equivalent posttest only group desain. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Al-Ittihadiyah Pekanbaru dengan sampel kelas VII.A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan berpikir kreatif siswa meliputi aspek: fluency, flexibility, originality, dan elaboration dalam menyelesaikan masalah terkait segitiga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbedaan rata-rata menggunakan uji-t lebih baik pada kelompok eksperimen daripada di kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar metode konvensional. Model RME berbasis etnomatematika memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sehingga, model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Segitiga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 05:17
Last Modified: 22 Jul 2023 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74175

Actions (login required)

View Item View Item