Evi Nurhidayah, Evi (2023) EVALUASI PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SAINS TAHFIZH ISLAMIC CENTER MADINATUL ULUM KOTA SIAK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
TESIS GABUNGAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (956kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) evaluasi context pada progam tahfizh di SMP Sains Tahfizh, berupa visi, misi sekolah dan tujuan program tahfizh, (2) evaluasi input pada progam tahfizh, berupa sumber pendanaan, kemampuan hafalan dan latar belakang pendidikan pengajar, dan kualifikasi siswa progam tahfizh, (3) evaluasi process pada progam tahfizh, berupa kegiatan pembelajaran pada progam tahfizh, (4) evaluasi product pada progam tahfizh, berupa hasil capaian belajar siswa progam tahfizh di SMP Sains Tahfizh. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method (kualitatif dan kuantitatif). Populasi adalah siswa program tahfizh pada SMP Sains Tahfizh. Sampel ditarik dari populasi menggunakan teknik sampling purposive dengan kriteria, (1) siswa program tahfizh, (2) mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, (3) mengikuti 1 semester program tahfizh. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data kualitatif di analisis melalui 4 tahapan cara (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Data Kuantitatif di analisis menggunakan analisis persentase. Data penelitian ini diambil melalui dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama (1) pada evaluasi context, progam tahfizh pada SMP Sains Tahfizh mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 100%, (2) pada evaluasi input, progam tahfizh pada SMP Sains Tahfizh mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 100%, (3) pada evaluasi process, progam tahfizh pada SMP Sains Tahfizh mendapatkan nilai baik dengan skor 7,7%, (4) pada evaluasi product, progam tahfizh pada SMP Sains Tahfizh mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 100%, (5) rekomendasi untuk progam tahfizh di SMP Sains Tahfizh adalah melanjutkan program. Kedua, (1) Faktor pendukung pada bagian context pada visi misi sekolah. Bagian input, yaitu semangat guru dalam memperbaiki kualitas diri. Pada process ialah dukungan orang tua, dan bagian product adalah komunikasi. (2) Faktor penghambat konteksnya yakni guru yang memiliki kemampuan yang berbeda. dari masukannya anggaran yang cukup. Pada prosesnya, kemampuan siswa yang berbeda, dan pada bagian hasilnya adanya kurang peran orang tua.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Program Tahfizh, Model CIPP |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73728 |
Actions (login required)
View Item |