NURAINI, - (2023) UPAYA GURUMATA PELAJARAN AGAMADALAMMEMINIMALISIR PROKRASTINASIAKADEMIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL MUTTAQIN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BA IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nuraini, (2023): Upaya Guru Mata Pelajaran Agama dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Madrasah Tsanawiyah Al- Muttaqin Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru Mata Pelajaran Agama dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi data, yaitu membandingkan data dari berbagai sumber yang berbeda untuk memperoleh keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh guru Agama dalam meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik adalah memberikan punishment, menggunakan metode belajar yang bervariasi, memberi motivasi sebelum dan sesudah proses belajar mengajar, serta kerjasama dan komunikasi antar guru keagamaan. Faktor pendukungnya adalah dukungan dari pihak sekolah, kerjasama antar guru Agama juga wali kelas dalam meminimalisir perilaku prokrastinasi siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah, kurangnya motivasi dan minat siswa mengikuti pembelajaran, kurangnya dukungan dari sosial keluarga, dan pengaruh teman sebaya. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Upaya Guru Mata Pelajaran Agama
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73666 |
Actions (login required)
View Item |