Rozi Andrini (2014) MANAJEMEN PEMASARAN AL-FATIH MOSLEM STORE PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Manajemen Pemasaran Al-Fatih Moslem Store Pekanbaru Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Ekonomi Islam”. Skripsi ini dilatarbelakangi terjadinya peningkatan penjualan pada Al Fatih Moslem Store Pekanbaru yang menawarkan kebutuhan sekunder seperti busana muslim/muslimah dan perlengkapan muslim lainnya seperti jilbab, cadar, VCD & kaset Islami, perlengkapan & oleh-oleh haji/umroh, perlengkapan sholat, obat-obat herbal, buku-buku Islami, parfum, mushaf Al-Qur’an lokal & impor, kosmetik halal dan lain-lain. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen pemasaran Al-Fatih Moslem Store Pekanbaru dalam meningkatkan penjualan dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen pemasaran Al-Fatih Moslem Store Pekanbaru dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada Al-Fatih Moslem Store yang beralamat di Jalan Srikandi No.8 Simpang Empat Delima Panam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran yang diterapkan oleh Al-Fatih Moslem Store untuk meningkatkan penjualan, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen pemasaran tersebut. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Dari populasi yang ada maka penulis mengambil sampel dengan metode purposive sampling, peneliti menentukan sendiri sebanyak 50% atau 24 orang, yang terdiri dari 1 orang pemilik Al-Fatih Moslem Store, 3 orang karyawan dan konsumen 20 orang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, langkah langkah penelitian yang dilakukan penulis yaitu dengan metode observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Kemudian analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan manajemen pemasaran banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu mengelola bauran pemasaran dan strategi pemasaran. Kebijakan dalam pengelolaan bauran pemasaran diantaranya adalah kebijakan produk, harga, tempat/distribusi dan promosi yang baik. Sedangkan dalam strategi pemasaran adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga, memberikan pelayanan yang baik serta bersahabat kepada konsumen sehingga konsumen merasa senang berbelanja di Al-Fatih Moslem Store dan menawarkan produk-produk yang berbau Islami, baik, halal dan bervariasi. Menurut Ekonomi Islam pelaksanaan manajemen pemasaran yang dilakukan oleh Al-Fatih Moslem Store secara umum telah sesuai dengan syariah Islam karena dalam proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan pemasarannya dilaksanakan dengan kejujuran dan tidak terdapat unsur penipuan dalam pemasarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 02:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 02:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7346 |
Actions (login required)
View Item |