VINA NURKHOLIS, - (2023) PENGARUH METODE BRAINSTORMING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANYA BERBASIS ISLAM DI KELAS V MIN PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL PENELITIAN NEW.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
|
Text
THESIS FULL.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Vina Nurkholis, (2023): Pengaruh Metode Brainstorming Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahanya Berbasis Islam Di Kelas V Min Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan, menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan jika ditinjau dari sistem sekolah, dan juga menganalisis ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara metode Brainstorming berbantu media audio visual dengan sistem sekolah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MIN Kota di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MIN Kota Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V B sebagai kelas kontrol dari masing-masing sekolah. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji t-test, diperoleh nilai sig MIN 1 sebesar 0,381 < 0,05 dan nilai sig MIN 2 sebesar 0,953< 0,05, serta nilai sig MIN 3 sebesar 0,966< 0,05 Maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol baik di MIN 1, MIN 2 dan MIN 3 di Pekanbaru. Dengan melakukan uji anova dua jalur didapatkan nilai sig < 0,002, yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan jika ditinjau dari sistem sekolah. Berdasarkan uji anova dua jalur diperoleh hasil 0,996 > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara metode Brainstorming berbantu media audio visual dengan sistem sekolah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MIN Kota di Pekanbaru. Kata kunci: Metode Brainstorming, Media Audio Visual, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:40 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73345 |
Actions (login required)
View Item |