SUCI NUR RAHMI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 123 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suci Nur Rahmi, (2023) : Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 123 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan strategi joyfull learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 123 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 39 orang siswa kelas V SDN 123 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sebelum tindakan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan tergolong sangat rendah. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan strategi pembelajaran joyfull learning. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I tergolong rendah. Sebanyak 24 siswa atau 61,5% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori rendah. Sebanyak 7 siswa atau 17,9% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori cukup. Sebanyak 8 siswa atau 20,5% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II tergolong tinggi. Sebanyak 4 siswa atau 10,3% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori rendah. Sebanyak 9 siswa atau 23% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori cukup. Sebanyak 16 siswa atau 41% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi. Dan sebanyak 10 siswa atau 25,6% dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran joyfull learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 123 Pekanbaru. Penerapan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis diterapkan dengan menjelaskan materi dengan gambar, gerakan dan tanya jawab. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk diajak bermain dan bernyanyi. Setiap kelompok diberi soal latihan untuk didiskusikan. Guru menunjuk kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusinya dengan permainan. Guru memberi penguatan atas jawaban yang telah disampaikan oleh masing-masing kelompok. Guru memberi hadiah kepada kelompok yang terbaik dan memperoleh point terbanyak. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Joyfull Learning, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:02 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73261 |
Actions (login required)
View Item |