Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

AKYLA NURUL FATYA, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akyla Nurul Fatya, (2023) : Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemuukakan Pendapat pada Pembelajaran PPKn Kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Adapun kegiatan yang dilakukan pada tiap tahapan dalam penelitian ini adalah refleksi awal, perencanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada siklus I diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada siklus I (tes siklus) dengan strategi pembelajaran numbered head together secara keseluruhan adalah 59,38% dengan kategori rendah. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan merevisi setiap kelemahan pada hasil siklus I. Pada siklus II diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada siklus II (tes siklus) dengan strategi pembelajaran numbered head together secara keseluruhan adalah 73,80% dengan kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan merevisi setiap kelemahan pada hasil siklus II. Dan pada siklus III diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada siklus II (tes siklus) dengan strategi pembelajaran numbered head together secara keseluruhan adalah 82,45% dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran numbered head together mampu meningkatkan kemampuan Mengemukakan Pendapat pada pembelajaran PPKn di kelas V SD Muhammmadiyah 6 Pekanbaru. Kata kunci : Strategi Numbered Head Together, Mengemuukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:08
Last Modified: 17 Jul 2023 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73256

Actions (login required)

View Item View Item