ADELA ZULIANTI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MA DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ADELA ZULIANTI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Adela Zulianti (2023): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru?”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, dengan sampel siswa kelas X Sosial 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Sains 2 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Hasil Belajar bahasa Arab Siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru karena nilai T_(o=) 0,354 lebih kecil dari T_t pada taraf signifikansi 1% = 1,675 dan taraf signifikansi 5%= 2,008 sehingga H_o aditerima dan H_a ditolak, yang berarti Model Pembelajaran Cooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Pengaruh, Penggunaan, Model Pembelajaran Cooperative, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73153 |
Actions (login required)
View Item |