ULFA MAISYARAH, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV ULFA MAISYARAH.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV ULFA MAISYARAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa maisyarah (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan, subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif talking chips yang berfokus pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa SDN 013 Koto Tuo. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif talking chips dan keterampilan berbicara. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes keterampilan berbicara siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran kooperatif talking chips dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 48,95% atau tergolong kurang sempurna. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keterampilan bebicara siswa meningkat menjadi 55,62% atau tergolong cukup sempurna. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 81,45% atau tergolong sempurna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Talking Chips dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan di kelas V SDN 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:51 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73072 |
Actions (login required)
View Item |