ANNISA ARDINI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hasil penenlitian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ANNISA ARDINI (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yaitu non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 77 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta lembar angket keaktifan belajar peserta didik untuk pre-test dan post-test. Validitas instrumen dilakukan melalui validitas isi. Teknik analisis data dengan statistik parametrik menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 53,73 menjadi 82,45 pada nilai post-test. Jika dihitung selisih persentasi yang diperoleh kenaikan sebesar 12,13%. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar, Pelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73001 |
Actions (login required)
View Item |