Wilman Paulo Rossy (2014) PELAKSANAAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN DI PT.BRI (PERSERO) Tbk CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan kredit memperoleh sumber dana dari masyarakat, sehingga sumber dana perbankan yang disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit tersebut bukan dana milik bank sendiri, namun dana yang berasal dari masyarakat. Hal ini menyebabkan perbankan dalam melakukan penyaluran kredit harus melakukannya dengan prinsip kehati-hatian melalui analisa yang akurat dan mendalam, penyaluran kredit yang tepat dan pengawasan yang ketat kredit serta perjanjian kredit yang sah menurut hokum pengikatan jaminan yang kuat dan administrasi perkeriditan yang teratur dan lengkap, semua tindakan tersebut semata-mata bertujuan agar kredit yang disalurkan oleh pihak bank kepada masyarakat dapat kembali tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian kreditnya. Penelitian yang penulis teliti ini menetapkan Rumusan masalah tentang Pelaksanaan Perjanjian kredit yang diberikan oleh pihak bank (Bank Rakyat Indonesia) Cabang Pekanbaru kepada Nasabahnya sebagai debitur dan Prosedur Penyelesaian Kredit di Bank Rakyat Indonesia Cabang Pekanbaru apabila Debitur Wanprestasi. Metode yang digunakan dalam peneltian ini dilihat dari sudut jenisnya tergolong kedalam jenis penelitian Hukum Sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan yang bertitik tolak pada data primer yakni data yang diperoleh langsung dari masyarakat sebagai sumber pertama melalui penelitian lapangan yang dilakukan baik melalui pengamatan ( Observasi ) ataupun wawancara langsung dengan pihak-pihak yang ada kaitannya dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat dikemukakan bahwa Proses Pelaksanaan perjanjian kredit yang diberikan oleh pihak bank (Bank Rakyat Indonesia) Cabang Pekanbaru kepada Nasabahnya sebagai debitur, dilakukan oleh PT. BRI Kota Pekanbaru melalui beberapa tahapan. Pada tahap pencairan kredit melalui: Wawancara awal dengan nasabah. Proses pengumpulan data, Survey dan Observasi lapangan Proses transaksi dan Studi Kelayakan Barang Jaminan. Proses Persetujuan Permohonan, Tahap Pencairan Kredit serta Tahap Pemeliharaan Kredit, Prosedur penyelesaian kredit di Bank Rakyat Indonesia Cabang Pekanbaru apabila debitur Wanprestasi, dalam pelaksanaan perjanjian kredit pihak bank tidak langsung melakukan eksekusi, akan tetapi tetap berusaha melakukan pendekatan persuasif terhadap nasabah. Pendekatan ini dilakukan agar sedapat mungkin diperoleh penyelesaian kredit bermasalah secara damai tanpa melalui eksekusi.Selama penagihan kredit bermasalah dapat dilakukan dengan kesepakatan antara bank dan nasabah sebagai debitor dengan prosedur Perbaikan (restructuring) kredit, Pemberian keringanan kredit; dan Penghapusbukuan (write-off) kredit. penagihan kredit melalui proses litigasi di Pengadilan tidak akan dilakukan oleh bank. Proses litigasi hanya akan ditempuh oleh bank apabila nasabah debitor beritikad tidak baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 07:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7298 |
Actions (login required)
View Item |