Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR

APRILIA RINDIANI, - (2023) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

APRILIA RINDIANI (2023) : ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR Skripsi ini berjudul Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa Pada Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesantunan berbahasa pada kegiatan diskusi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini membahas bentuk kesantunan berbahasa siswa di kelas ketika berinteraksi pada kegiatan diskusi yang menggunakan tuturan komunikatif yaitu deklaratif, interogatif, imperatif dan ekslamatif yang menaati atau mematuhi maksim-maksim kesopanan dari teori Leech serta faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa yang meliputi, tempat dan suasana tutur, peserta tutur, tujuan tutur, pokok tutur, dan sarana tutur. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiopragmatik dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini bersumber dari percakapan pada kegiatan diskusi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, teknik rekam, teknik transkripsi dan teknik catat. Teknk analisis data yang dilakukan yaitu tabulasi data, penyajian data, interprestai dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar terdapat 27 data, 10 data pada kesantunan berbahasa siswa ke siswa, 6 data pada kesantunan berbahasa siswa ke guru, dan 11 data pada kesantunan berbahasa guru ke siswa. Dari 27 data terdapat 24 data yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa, 3 melanggar prinsip kesantunan berbahasa. Kemudian pada faktor yang mempengaruhi bahasa terdapat 5 data di antaranya pada tempat dan suasana tutur, peserta tutur, tujuan tutur, pokok tutur, dan sarana tutur. Kata Kunci : Kesantunan Berbahasa, Diskusi, Nilai Komunikatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:25
Last Modified: 12 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72893

Actions (login required)

View Item View Item