PUTRI AYUNENSIH, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI PUTRI AYUNENSIH.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Putri Ayunensih, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain menggunakan factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar angket self efficacy, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumen yang berupa data-data administrasi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, untuk uji hipotesis 1 diperoleh F_(B)hitung=10.381>F_(B)tabel=3,99, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggikuti pembelajaran blended learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model bukan blended learning. Hasil analisis data untuk uji hipotesis 2 diperoleh F_(A)hitung=3,963>F_(A)tabel=3,14, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan untuk uji hipotesis 3 diperoleh hasil analisis F_(A X B)hitung=-1,604<F_(A X B)tabel=3,99, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran blended learning terhadap self efficacy dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : Blended Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72737 |
Actions (login required)
View Item |