Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

FERY NOVIYANTO, - (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fery Noviyanto, (2023): Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Himpunan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan ahli desain media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 2 Bangun Purba. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelompok kecil, 30 siswa kelompok terbatas dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis problem based learning. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara memberikan angket uji validitas LKS kepada validator, angket ujia praktikalitas kepada siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil penelitian pengembangan ini telah teruji kevalidan yaitu 90,46% yaitu dengan kategori sangat valid, kepraktisan kelompok kecil yaitu 86,97% dengan kategori praktis, kepraktisan kelompok terbatas yaitu 83,39% dengan kategori praktis. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan sudah valid, praktis dan dapat digunakan oleh siswa Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning (PBL), Himpunan, serta Model ADDIE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:38
Last Modified: 07 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72571

Actions (login required)

View Item View Item