Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

MELISA, - (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI B AB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan judul strategi Guru dalam membina karakter siswa melalui pembiasaan dan keteladanan dalam kegiatan pembelajaran PAI di SMP kecamatan tebing tinggi Barat. Judul ini diambil dari masalah siswa yang masih banyak datang terlambat tidak membuat tugas, main hp saat belajar, kurang aktif di kelas keluar masuk saat belajar, hal tersebut terjadi dalam kegiatan pembelajaran sehingga penelitian ini memfokuskan pada strategi Guru dalam membina karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran dan apa faktor pendukung atau penghambat dalam pembinaan karakter siswa tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Guru dan membina karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter siswa Metodologi dalam penelitian. Tempat penelititian di SMP Negeri se-Kecamatan Tebingtinggi Barat. waktu penelitian dari Januari hingga Mei. teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam bersifat tidak terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik miles and huberman dengan langkah pengumpulan data, mereduksi data, menyaji data dalam bentuk teks naratif dan menarik kesimpulan. Adapun teknik analisis keabsahan data dilakukan dengan tringulasi (penggabungan) dari tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian strategi Guru dalam membina karakter siswa melalui pembiasaan dan keteladanan: Guru membiasakan siswa untuk berdoa sebelum dan sesudah belajar (Karakter religius), jadwal pemimpin doa (berani, percaya diri, kepemimpinan dan bertanggung jawab), membiasakan membaca juz amma (religius), memeriksa kebersiahan siswa dan kelas (peduli lingkungan), membudayakan 5S (senyum sapa salam sopan santun), menggunakan metode kontekstual (kreatif, ingin tahu, toleransi, komunikasi, menghargai, bertanggungjawab), membaca buku (gemar membaca), Guru hadir ke kelas tepat waktu (disiplin), mengucap salam masuk kelas (religius), menanya kabar siswa (peduli sosial). Sedang Faktor ada dua yaitu: fakto internal (insting, intelegensi, keturunan) dan faktor eksternal (lingkungan keluarga, sekolah, remaja, masyarakat dan sarana dan prasarana). Kata kunci: strategi Guru dan karakter siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:31
Last Modified: 07 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72521

Actions (login required)

View Item View Item