ULFA ANGGRAINI, - (2023) PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SIFAT–SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MI AL HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (924kB) |
||
|
Text
SKRIPSI ULFA ANGGRAINI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ulfa Anggraini, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Sifat-Sifat Cahaya pada Siswa Kelas V MI Al- Hidayah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model explicit instruction dengan metode eksperimen terhadap kemampuan penguasaan konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MI Al-Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian jenis pre-eksperimen dan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-hidayah Pekanbaru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penlitian, maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen post-test lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen pre-test yaitu nilai rata-rata hasil uji t-test terhadap skor post-test kelas eksperimen 81,81, lebih tinggi dibandingkan hasil uji t-test, pre-test kelas ekspermen 34,41. Sedangkan berdasarkan hasil uji one sample t-test dengan perolehan nilai signifikansi sig ( 2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penerapan model explicit instruction dengan metode eksperimen terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi sifat sifat cahaya kelas V MI Al Hidayah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction,Metode Eksperimen, Kemampuan Penguasaan Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72512 |
Actions (login required)
View Item |