Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE (PACE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SMA

ANGGI KOMALA, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE (PACE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Anggi Komala, (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Peserta Didik SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self confidence peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Inuman tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar angket self confidence, lembar observasi guru dan peserta didik, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan :1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran PACE dengan pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PACE dengan self confidence peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian model pembelajaran PACE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, namun interaksi antara model pembelajaran dengan self confidence tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:47
Last Modified: 06 Jul 2023 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72451

Actions (login required)

View Item View Item