ZULFIA LISTIAWANI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 01 TELAGA SAM-SAM KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ZULFIA LISTIAWANI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zulfia Listiawani, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Negeri 01 Telaga Sam-sam Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 01 Telaga Sam-sam Kecamatan Kandis Kabupaten Siak melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran guided discovery learning dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, pada siklus 1 dilaksanakan 3 kali pertemuan dan pada siklus 2 dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan Pemecahan Masalah siswa sebelum tindakan masih rendah, yaitu 8% siswa berada pada kategori sangat baik, 4% siswa berada pada kategori cukup, 20% siswa berada pada kategori kurang dan 62% siswa berada pada kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning pada siklus I, kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat, yaitu 8% siswa pada kategori sangat baik, 41% siswa pada kategori baik, 33% siswa pada kategori cukup, 8% siswa pada kategori kurang dan 8% siswa pada kategori sangat kurang. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan kembali, yaitu 20% siswa pada kategori sangat baik, 50% siswa pada kategori baik, 16% siswa pada kategori cukup dan 12% siswa pada kategori kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika SD Negeri 01 Telaga Sam-sam Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 04:46 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 04:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72081 |
Actions (login required)
View Item |