Ahmad Rafi, - (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf Download (746kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Pada penelitian ini penulis tertarik untuk mengamati Puskesmas Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini dengan adanya indikasi bahwa sering terjadinya. permasalahan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang seperti ketidak tepatan waktu kehadiran para pegawai puskesmas dan tidak tersedianya ruang rawat inap di Puskesmas Kecamatan Kampar Kabupaten Kampardan kondisi sarana prasarana yang masih kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan dan menggambarkan secara terperinci dan mendalam mengenai analisis pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan kampar kabupaten kampar. Didalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik penggumpulan data yaitu wawancara terhadap informan penelitian, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa analisis pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan kampar kabupaten kampar dalam memberikan pelayanan sudah bisa dikatakan cukup baik, namun belum menunjukkan kualitas pelayanan yang prima atau optimal. Ini terlihat dari belum optimal, proses ruangan rawat inap yang di sediakan di Puskesmas Kecamatan Kampar dan kehadiran karyawan yang tidak tepat waktu, kedisiplinan yang masih belum optimal. Adapaun faktor-faktor hambatan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan kampar kabupaten kampar ini yaitu kesehatan yang dinilai belum sesuai dengan harapan masyarakat terlihat pada dimensi: 1) Tangible (ketampakan fisik), dimana hal-hal lain yang bersifat fisik yang ada di Puskesmas belum sepenuhnya dapat mendukung. 2) Reliability (kehandalan), mengingat adanya keluhan masyarakat/pelanggan mengenai petugas pelayanan yang datang terlambat dan tidak ada di ruangan ketika jam kerja, dan 3) Emphaty (Kepedulian), masih adanya beberapa petugas yang belum maksimal dalam menerapkan sikap 3S (senyum, salam, dan sapa) kepada pasien. Kata Kunci: Analisis, Pelayanan Kesehatan, Kampar Kabupaten Kampar. Puskesmas Kecamatan,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Depositing User: | fekon - |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 04:56 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 04:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72080 |
Actions (login required)
View Item |